Pengertian dan Contoh ameliorasi, peyorasi, sinestesia, homonim, homograf, homofon, dan perluasan/penyempitan makna

Berikut ini adalah file hasil recycle tugas saya waktu kuliah dulu tentang pengertian dan contoh dari ameliorasi, peyorasi, sinestesia dll yang sangat panjang judulnya. Artikel ini hanya untuk menambahi atau melengkapi contoh-contoh lain dari istilah-istilah yang saya sebutkan di atas, dan saya juga sangat yakin sudah banyak artikel yang membahas tentang istilah-istilah tadi di dunia maya. Langsung saja berikut adalah penampakan dari file’nya…



Semoga Informasinya bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua... :)

40 komentar:

  1. aku mlh baru tau istilah2 tersebut sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang untuk istilah-istilah urutan tiga dari atas pada artikel ini masih jarang yang menggunakan pak :)

      Hapus
  2. Informasinya sangat bermanfaat, Pak. Ada juga istilah yang masih asing dan terasa baru bagi saya.
    Jadi seperti pelajar kembali...haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee... Mari kita bersama-sama terapkan prinsip belajar sepanjang hayat pak :)

      Hapus
  3. Waah sayang, koneksi internet di tempat saya kacau ini pak guru, saya penasaran dengan istilah2 itu ada yang belum saya tahu. Kayaknya perlu juga nih, krn sy hobi nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh alhamdulillah .... bisa lihat isi file-nya. Ilmu yang sangat bermanfaat, izin save yah ...

      Hapus
    2. Sila[h]kan buk :)
      Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Amin.

      Hapus
  4. jadi ingat pelajaran bahasa indonesia waktu sekolah dulu
    teringat lagi masa-masa saat masih senang menodong uang ortu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit mengingat ilmu yang dulu pernah diberikan di sekolah biar tidak lupa,
      Sekarang gantian kita yang memberi uang dan kebahagiaan pada orang tua pak :)

      Hapus
  5. berbagi pengetahuan yg kita miliki adalah hal yg mulia. seperti artikel ini yg memberikan penjelasan tentang Pengertian dan Contoh ameliorasi,......terima kasih. semoga ilmu ini bisa memberikan manfaat yg berarti bagi yg membacanya.
    sukses untuk anda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebuah kebahagiaan tersendiri saat apa yang kita bagi dan berikan bisa bermanfaat untuk orang lain :)
      Salam pak,

      Hapus
  6. ini juga keluar di pelajaran bahasa indonesia, ehehe ya memang bagian dari pelajaran tersebut :)
    terimakasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buk, kembali 'nguri-nguri' istilah dalam Bahasa Indonesia :)

      Hapus
  7. wah Tentang Bahasa Indonesia ye .
    penyempitan Makna , pelajaran ane tuh Di SMP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa menambah atau mengingat kembali memory pelajaran waktu sekolah dulu pak :)

      Hapus
  8. widih keren sob artikelnya ..

    sukses selalu .

    BalasHapus
  9. lengkap sekali pak guru.. (ilmu yang bermanfaat memang harus di sebarluaskan) nice share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat saling berbagi harus selalu dikembangkan pak :)

      Hapus
  10. Balasan
    1. Semoga dengan 'lengkap dan jelas' bisa bermanfaat bagi kawan-kawan pak :)

      Hapus
  11. siiplah, ilmunya aku serap abis sob..
    :D
    thanks ya

    BalasHapus
  12. Jdi inget pelajaran Bahasa Indonesia wktu SMP.
    Tp 2 istilah yg baru saya tahu, yaitu Ameliorasi dan Peyorasi. Soalnya pas SMP, saya gk dikasih 2 istilah itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua istilah yang paling atas memang jarang diberikan pada waktu pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah pak :)

      Hapus
  13. Balasan
    1. Terima kasih pak
      Semoga bisa bermanfaat :)

      Hapus
  14. Pelajaran ane waktu masih SMP nih , jadi inget masa SMP :(

    Salam Blog Walking

    BalasHapus
  15. wah saya mendapatkan ilu yang sangat bermanfaat nih

    BalasHapus
  16. makasih ya gan buat infonya, manfaat banget lagi nyari" refrensi peyorasi+ameliorasi soalnya. keep struggling n do ur best yaa

    BalasHapus
  17. makasih atas info nya
    sangat jelas ;)

    BalasHapus
  18. maaf pak. saya mau nanya nih. buat backlink gimana si pak? saya mau dong pak backlinknya sampe 207 seperti bapak. hehe :)

    BalasHapus
  19. kaloq makna spesialisasi ..?

    BalasHapus
  20. terimakasih ya, ini tugas dari guru saya di smpn 22 bandar lampung

    BalasHapus
  21. Wah ternyata masih byk kosakata yg belum sy kuasai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah bisa terus belajar seiring berjalannya waktu.

      Hapus