Menjadi Bagian Dari Program SM3T Unnes - Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia

Hari kemarin sungguh hari yang penuh berkat buat saya. Setelah paginya mendapat award dari seorang kawan blogger, malamnya sekitar pukul 19.00 WIB saya dinyatakan lolos menjadi salah satu pengajar dalam program “Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia SM3T” yang diselenggarakan oleh 17 Universitas di Indonesia. Apakah kawan-kawan ada yang belum tahu apa itu program SM3T??. SM3T merupakan singkatan dari Sarjana Mendidik di Daerah Terluar, Tertinggal, dan Terdepan. Ini adalah salah satu dari sekian banyak program yang dilaksanakan oleh DIKTI dengan tujuan pemerataan pendidikan, dan memenuhi kekurangan tenaga pengajar di daerah kategori 3T. Selain itu juga, program ini diharapkan dapat membentuk dan menghasilkan tenaga pengajar muda yang tangguh dan berjiwa sosial tinggi.

Logo Program SM3T

Terluar, dikarenakan daerah-daerah yang akan menjadi sasaran program ini berada pada luar pulau jawa, atau bisa dikatakan sebagai daerah paling luar dari negara ini.
Tertinggal, dapat diartikan sebagai keterbatasan dalam hal pendidikan yang meliputi sarana, prasarana dalam pengajaran dan juga ketertinggalan teknologi serta kurangnya tenaga pendidik yang mumpuni.
Terdepan, karena daerah yang akan diterjuni program ini adalah daerah-daerah yang langsung berbatasan dengan negara tetangga, sehingga bisa dikatakan daerah inilah yang merupakan garis depan dari negara Indonesia. Contohnya: NTT, Papua, Aceh, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

            Setelah mengikuti beberapa tahap seleksi di Unnes, mulai dari seleksi administrasi pada tanggal 30 Agustus. Tes potensi akademik, Tes potensi dasar, dan Tes keprogdian pada tanggal 4 September, hingga tes Wawancara pada 15 September kemarin. Semua terbayar dengan pengumuman lulus pada setiap tahap seleksi, hingga pada tahap terakhir yaitu hasil tes wawancara yang diumumkan kemarin jam 7 malam. Setelah ini akan ada masa prakondisi yang dijadwalkan mulai tanggal 24 September – 5 Oktober. Dan pemberangkatan ke daerah tujuan akan dilaksanakan pada 8 Oktober mendatang.
            Sungguh merupakan saat-saat yang sangat mendebarkan ketika saya harus melihat tempat penempatan saya mengabdi nantinya. Berikut ini adalah penampakan Screenshoot’nya :


Pengumuman Seleksi SM3T

Pada lingkaran nomor 1 di atas adalah kalimat yang menyatakan saya lolos tes dari seluruh rangkaian seleksi, dan lingkaran nomor 2 adalah kolom yang berisi pemberitahuan tempat di mana saya akan mengabdikan apa yang selama ini saya dapatkan di bangku kuliah.

Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat

Di sanalah saya akan mengabdikan diri selama setahun ke depan…!!
Salam semangat mengajar 3T kawan-kawan... :)

28 komentar:

  1. wah selamat bang, semoga sukses slalu buat Anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak :) Semangat mangabdi untuk negeri...

      Hapus
  2. Semangat Pak, gak semua Guru di negeri ini mau mengajar di daearah 3T seperti itu. Semoga berkah dan melimpah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pak,
      Semoga menjadi pengalaman yang akan bermanfaat bagi semua pak :)

      Hapus
  3. sama pak,,,,,,,,,,,saya juga di landak kalbar,,,,,,,,,,,,

    FISIKA UNNES,,,,,,,,,,,,,

    mungkin satu sekolah nantinya,,,,,,,,,,,sapa tahu,,,,,,,,,,,

    salam Kholid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal ya pak :)
      Kalau satu sekolahan sih gak pak, soalnya saya PGSD dari Salatiga...
      Semangat 3T pak!!

      Hapus
  4. selamat yah sob, pasti seneng nih, bikin iri saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak terima kasih :) Perjuangan baru akan dimulai...

      Hapus
  5. Selamat mas ... semoga sukses di tempat yang baru ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak :)
      Semoga sukses selalu menghampiri disetiap hidup kita, Amin.

      Hapus
  6. artikel yg patut diacungi banyak jempol serta tampilan blog yg sangat serasi dengan tampilan artikel, sungguh membuat pengunjung betah berlama lama disini dan tak heran juga blog ini selalu dibanjiri banyak pengunjung...


    #Salam Sehat Selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sekali pak :)
      Salam hangat dan salam sehat selalu dari sini,

      Hapus
  7. Selamat ya memang Indonesia membutuhkan guru yang seperti anda , penuh dedikasi tinggi untuk mencerdaskan bangsa, terima kasih pak guru,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ini bisa dijadikan salah satu cara perekrutan calon guru masa depan pak :)

      salam,

      Hapus
  8. Wah selamat ya..., sampeyan bisa jalan-jalan jauuuuuh, jangan lupa bawa camera, kabar-beritanya upload terus....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pak :)
      Tapi sekarang hatiku lagi dirundung GALAU, hehe

      Hapus
  9. salam sukses pak guru, maju terus pantat mundur :D

    BalasHapus
  10. selamat dan sukses dul :)


    aku mendukungmu!!!!!!

    BalasHapus
  11. apa yang ditanya pak saat wawancara pleasee kasih bocoran..

    BalasHapus
  12. mas,, aq juga niat ikut program ini,, gmna ya biar bisa lolos,,
    mhon kiat-kiat nya :)
    mkasih

    BalasHapus
  13. Semoga lulus di tahap selanjutnya

    Salam SM-3T angkatan I

    http://www.sm3t-unp.org/
    http://pustaka.pandani.web.id/

    BalasHapus
  14. Kang gimana caranya ikut seleksi SM-3T

    BalasHapus