Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pelanggaran Hukum dan HAM


Sedikit bongkar-bongkar buku materi kuliah tentang HAM (Hak Asasi Manusia) tidak sengaja menemukan selembar kertas foto-copyan dari dosen yang berisi tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Sayangnya, di kertas yang sama temukan tidak tercantum jelas keterangan mengenai sumber asalnya, seperti judul buku, pendapat ahli, jurnal, thesis, makalah dll.
Daripada kertas yang berisi informasi ini hilang terselip karena tinggal berupa lembaran, lebih baik saya bagikan saja di sini, siapa tahu suatu saat nanti ada yang membutuhkan dan dapat bermanfaat.
Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pelanggaran Hukum dan Hak Asasi Manusia:
1.      Faktor internal yaitu faktor-faktor yang terdapat di dalam diri para pelaku pelanggaran hukum dan HAM tersebut.
2.      Faktor eksternal yaitu faktor-faktor dari luar diri manusia yang mendorong seseorang atau sekelompok orang melakukan pelanggaran hukum dan HAM.

  Contoh faktor internal : keadaan psikologis para pelaku, sifat egois, minimnya sikap toleransi pada orang lain, dan kurangnya tingkat kesadaran pelaku pelanggaran HAM.
  Contoh faktor eksternal :
a.    Perangkat hukum yang tidak tegas dan jelas, sehingga menimbulkan ketidakpastian hukum yang memberikan celah hukum untuk para pelanggar.
b.    Struktur sosial dan politik yang memungkinkan terjadinya pelanggaran hukum dan HAM.
c.    Struktur ekonomi yang menimbulkan kesenjangan ekonomi dan kemiskinan memungkinkan seseorang melakukan pelanggaran hukum dan HAM karena ketidakpuasan terhadap ketidakmerataan keadaan ekonomi di masyarakat.
d.   Teknologi yang digunakan secara salah dapat menimbulkan kejahatan kerah putih (white crimes) semisal hacking dan phising.

Semoga artikel tentang Faktor Penyebab Pelanggaran Hukum dan HAM dapat bermanfaat bagi kawan-kawan.

6 Responses to "Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pelanggaran Hukum dan HAM"

Silakan tinggalkan komentar untuk saran/kritik/pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" untuk mengetahui balasan via email.
Bagi yang membutuhkan informasi lebih spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.